Bunga Matahari Menawan Hati


Oleh: Jullie Yuli

Bunga identik dengan wanita. Hampir tidak ada wanita yang tidak suka bunga. Benar?
Dan salah satu bunga yang disukai wanita, termasuk saya, adalah bunga matahari.

Bunga matahari merupakan tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran yang populer, baik itu sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas; besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar.

Nama ilmiah untuk bunga matahari itu Heliantus. Helia artinya matahari, sedangkan antus artinya bunga. Mengapa dinamakan bunga matahari? Karena ia selalu mengikuti kemana arah cahaya matahari bergulir. Jika diperhatikan saat pagi hari bunga matahari akan menghadap ke timur, di mana matahari terbit. Dan kemudian akan seiring  mengikuti matahari ke arah barat di mana matahari terbenam.

Bunga matahari tergolong tanaman yang paling cepat tumbuh lho, karena dalam waktu enam bulan, batang bunga matahari bisa tumbuh hingga tiga meter. Kalau bunganya biasanya tumbuh hingga berdiameter 30 cm. Wah, keren sekali.

Dan ternyata nih, bunga matahari punya filosofi tersendiri dalam kehidupan. Apa sajakah itu?

1. Pemujaan dan Kesetiaan.
Perilaku si bunga besar berwarna kuning yang selalu mengikuti arah matahari melambangkan bunga matahari sebagai simbol pemujaan dan kesetiaan. Bunga matahari layaknya bunga yang selalu memuja matahari sehingga ia selalu setia dan tidak pernah membangkang untuk selalu mengikuti arah matahari.

2. Kegembiraan dan Keceriaan
Diameter besar yang dimiliki bunga matahari menggambarkan matahari yang bersinar cerah. Kelopak bunga berwarna kuning juga melambangkan kehidupan yang gembira dan ceria sehingga dapat memikat hati semua orang untuk melihatnya dalam waktu yang lama dan menyukainya. Orang yang menyukai bunga matahari dapat dikategorikan sebagai orang yang selalu gembira dan ceria dalam menjalani kehidupan.

3. Energi Positif
Bunga berdiameter besar ini memiliki kemampuan untuk memberikan energi positif pada siapa saja yang melihatnya. Setuju bukan? Bunga ini layaknya cerminan matahari yang selalu menerangi dan menghangatkan kehidupan. Bunga matahari tampak begitu tegak berdiri dan tidak mudah rapuh, melambangkan sifat tegar dan tidak mudah menyerah untuk menghadapi masalah dalam kehidupan.

Hingga saat ini, bunga matahari dikenal dan dikagumi karena kecantikan dan keindahannya. Dan berdasarkan beberapa filosofi bunga matahari yang telah dijabarkan di atas, bunga matahari cocok sekali dijadikan hadiah untuk seseorang yang kita sayangi.

Purbalingga, 8 September 2018

#KomunitasOneDayOnePost
#ODOP_6
#Day6
#CoretanJullieYuli


0 komentar:

Posting Komentar