JUJUR PADA DIRI SENDIRI


Oleh: Jullie Yuli

J.U.J.U.R, satu kata yang mudah sekali dibaca tetapi butuh perjuangan dan konsistensi agar sikap jujur bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan asik.

Dan sebelum kita jujur pada orang lain, terlebih dahulu kita juga harus jujur pada diri sendiri. Biasakanlah bersikap jujur di mana pun kita berada, kapan pun, dan saat berurusan dengan siapa pun.

Cara memulai sikap jujur pada diri sendiri:

1. Sadari pilihan-pilihan yang dihadapkan kepada kita, dan buat keputusan berdasarkan hati nurani.
Jangan katankan ya kalau sebenarnya tidak setuju. Begitu pula sebaliknya. Dan pikirkan alasan kenapa kita memilih pilihan kita itu.

2. Berani mengungkapkan apa yang sebenarnya, bukan apa yang kita rasakan.
Belajarlah kuat, berani mengungkapkan apa yang harus diungkap meski hal itu menyakitkan dan bisa melukai hati.

3. Membiasakan malu bukan karena kita berbuat salah, tetapi malu karena kita tidak mau mengakui kesalahan yang telah kita perbuat.
Sebagai manusia manusia biasa, sudah tempatnyalah kita berbuat salah. Jangan malu saat kita khilaf, tapi malulah karena kita tidak punya keberanian untuk mengakuinya. Dan tetap berusaha membuktikan kalau kita bisa berubah dan memperbaiki diri.

4. Pahami konsekuensi pada setiap kebohongan.
Setiap kebohongan pasti ada akibatnya. Bisa jadi sekarang, bisa juga nanti. Kita tidak tahu kapan akibat kebohongan itu muncul. Karena itu, hindarilah berbohong.

5. Berani mengakui kesalahan pada diri sendiri.
Mungkin kita belum berani mengakui kesalahan kepada orang lain, tapi beranilah mengakui pada diri sendiri. Jangan bangun tembok pembenaran diri atas kesalahan yang telah kita perbuat. Karena kalau hal itu terjadi berarti kita sudah tidak jujur pada diri sendiri.

Biasakanlah. Mulailah berbuat jujur secara konsisten dan tidak setengah-setengah. Kita mau orang lain berbuat jujur kepada kita bukan? Oleh karena itu kita harus memulainya dengan jujur pada diri sendiri.

Tetap semangat berbuat baik!

Purbalingga, 20 September 2018

Sumber gambar: pixabay.com

#KomunitasOneDayOnePost
#ODOP_6
#Day18

1 komentar:

  1. Butuh proses untuk membiasakan sifat jujur, tapi kita tidak harus selalu jujur menurutku, ada kalanya di mana kita hrus merahasiakan sesuatu, kalau jujur dalam setiap masalah dan situasi, wadduh bisa bahaya :D heheh

    BalasHapus