Pasir dan Batu


Oleh: Jullie Yuli

Alkisah, ada dua bersahabat yang sedang menempuh perjalanan ke kota. Mereka adalah Ali dan Dodo.
Saat tiba di gurun pasir, Ali dan Dodo terlibat perdebatan sengit hingga akhirnya Ali menampar Dodo.

Dodo tidak mau membalas perbuatan Ali. Dia hanya diam saja, lalu menuliskan sesuatu di atas pasir yang berbunyi, "Hari ini sahabatku menamparku."

Meskipun bertengkar, mereka tetap melanjutkan perjalanan. Hingga akhirnya mereka tiba di sebuah sungai yang jernih sekali airnya. Ali dan Dodo memutuskan untuk beristirahat sejenak di pinggir sungai dan membersihkan diri.

Malang bagi Dodo, saat dia akan mandi dia tergelincir ke sungai dan hampir tenggelam. Melihat keadaan sahabatnya itu, Ali langsung berlari menuju sungai untuk menyelamatakan Dodo.

Dodo bersyukur sekali. Kemudian dia menuliskan sesuatu di atas batu yang berbunyi, "Hari ini sahabat baikku menyelamatkan hidupku."

Melihat hal itu Ali merasa heran dan bertanya kepada Dodo, "Do, mengapa saat aku menamparmu, kamu menulisnya di atas pasir. Sedangkan saat aku membantumu, kamu mengukir tulisannya pada batu?"

"Ketika seseorang menyakiti, kita menulisnya di atas pasir agar angin bisa menerbangkannya dan hilang. Sehingga kesalahannya bisa termaafkan. Tetapi saat seseorang berbuat baik, kita mengukirnya pada batu. Di mana angin tidak bisa menghapusnya dan akan selalu teringat dalam ingatan," jawab Dodo bijak.

"Iya benar apa yang kamu bilang, Do. Lupakan kesalahan dan ingat kebaikan orang lain." Ali memekik kegirangan.

"Ingat, jangan terbalik!" Dodo kembali mengingatkan sambil merangkul bahu Ali.

Ali mengacungkan jempolnya dan mengajak Dodo melanjutkan perjalanan ke kota.

**end**

#KomunitasOneDayOnePost
#ODOP_6
#Day27

0 komentar:

Posting Komentar