Tips Agar Hari Pertama Bekerja Mengesankan


Oleh: Jullie Yuli


Sudah menjadi hal yang biasa bahwa seseorang akan menjadi gugup di hari pertamanya bekerja. Butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, mulai dari hal-hal yang kecil sampai yang besar.

Agar hari pertama bekerja terasa mengesankan, berikut tips-tips yang bisa diaplikasikan di lingkungan kerja.

1. Datang Tepat Waktu
Pegawai lama saja sebisa mungkin masuk kerja tepat waktu. Apalagi bagi kita yang masih menjadi pegawai baru. Bahkan kalau bisa kita berada di tempat kerja lebih awal daripada pegawai lainnya.

2. Berpakaian Formal
Walaupun tempat kerja kita fleksibel dalam hal berpakaian, tapi sebisa mungkin pilih pakaian formal di hari pertama kita bekerja. Selain rapi, kita juga terlihat profesional.

3. Temui dan Ingat Nama Rekan-rekan Kerja
Berkenalanlah dengan semua rekan-rekan kerja kita dan ingat nama-nama mereka. Jangan ragu untuk mencatat nama apabila kita masuk dalam kategori susah mengingat nama di hari pertama bekerja.

4. Menjadi Pendengar yang Baik dan Jangan Malu Bertanya
Salah satu cara belajar yang baik adalah dengan mendengarkan dengan aktif. Jangan memotong pembicaraan atasan atau rekan dan berikan perhatian atas apa yang mereka utarakan.
Jangan malu untuk bertanya dan mengkonfirmasikan pekerjaan kita agar sesuai dengan yang diharapkan. Daripada kita mencari tahu sendiri tapi hasilnya berantakan.

5. Tunjukkan Sikap Positif
Di hari pertama bekerja, tunjukkan sikap yang baik kepada atasan dan rekan-rekan kerja. Datanglah dengan ekspresi wajah cerah, senyum merekah dan sapa rekan-rekan kerja dengan ramah.

6. Perbanyak Mencatat
Banyak sekali hal-hal baru yang harus kita tahu di hari pertama bekerja. Mulai dari tutorial kerja, peraturan dan nomer-nomer penting yang berkaitan dengan pekerjaan kita.  Maka catatlah itu semua untuk menghindari kita meminta penjelasan ulang dari atasan atau rekan kerja. Saat kita meminta dijelaskan ulang maka akan berkurang poin positif kita.

7. Organisasikan Pekerjaan Kita
Atasan paling tidak senang dengan pekerjaan yang tidak terselesaikan. Maka mulailah atur semua pekerjaan kita agar bisa selesai tepat waktu.

8. Berbaurlah dengan Rekan Kerja
Jangan ragu untuk berbaur dengan rekan-rekan kerja. Perbanyaklah komunikasi dengan mereka dan ikuti momen-momen yang melibatkan kebersamaan antara rekan kerja. Dengan demikian akan terasa kehangatan dan lebih nyaman dalam bekerja.

9. Jangan Pulang Tepat Waktu
Jangan matikan komputer tepat saat jam pulang. Beri jeda beberapa waktu lewat dari jam pulang untuk menunjukkan kita berkomitmen dengan pekerjaan kita.

10. Informasikan Pekerjaan Kita kepada Atasan
Apapun pekerjaan yang sedang kita lakukan, menginformasikan update pekerjaan kita kepada atasan atau rekan kerja yang terkait mengindikasikan kita kita bisa dipercaya dan diandalkan dalam pekerjaan. Jangan menunggu ditanya terlebih dahulu untuk menginformasikan suatu pekerjaan.

Memasuki tempat kerja baru memang memerlukan adaptasi yang ekstra keras. Mau tidak mau, suka tidak suka, harus tetap dihadapi. Yang terpenting jangan jadikan sebagai beban. Jadikanlah sebagai kesempatan kita untuk lebih mengembangkan diri. Tetap berpikir positif. Semoga bermanfaat.

Purbalingga, 13 September 2018

#KomunitasOneDayOnePost
#ODOP_6
#Day11

0 komentar:

Posting Komentar