DUKA

Oleh: Jullie Yuli

25 Oktober 2016
Setengah jam menuju jam istirahat. Entah karena lapar atau bayi di perutku bergerak-gerak terus, aku sudah tak bisa berkonsentrasi kerja.
Di luar, langit masih memuntahkan tangisnya dengan sesekali diiringi bunyi gelegar bersahutan.
Belum sempat beranjak dari tempat dudukku, kudengar suara angin menderu begitu kencangnya disusul suara seng atap pabrik beterbangan.
"Semua ke luar ruangan!" seru salah satu temanku.
Sontak aku dan teman-teman kerja berhamburan ke luar ruangan staf. Aku pun begitu. Bahkan aku tak ingat kalau perutku sedang membesar. Yang dipikirkan hanyalah bagaimana caranya berlindung.
Kami berkumpul di tengah gudang dengan suasana mencekam. Listrik mati dan air hujan bergerak seperti akan menerobos menyerang ke dalam.
Mencekam. Kami berkumpul dalam ketakutan. Saling berpegangan seraya melantunkan doa. Memikirkan suami yang sedang bekerja, anak-anak yang masih di sekolah, adik yang berjualan dan keluarga di rumah.
'Apa kabar mereka, ya Allah?'
Semoga hujan dan angin kencang tak meluluhlantakkan mereka.
Seng-seng atap pabrik yang bersebelahan dengan tempat kerjaku berjatuhan di depan gudang. Pohon kedondongnya pun tumbang, rekahannya teronggok di jalan depan gudang bersama dengan daun-daun yang diterbangkan angin. Kotor sekali.
Hampir setengah jam berlalu, ketika hujan dan angin berangsur mereda.
"Karyawan laki-laki bereskan kekacauan di luar gudang, perempuan bereskan yang di dalam gudang yang terkena tampias hujan." Kepala divisi tampak memberikan perintah dan langsung diikuti para penghuni gudang.
Kuambil gawaiku dari dalam ruang staf dan mencoba menghubungi suami.
"Nomer yang Anda tuju sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan." Hanya suara operator yang terdengar.
Kucoba mengirim pesan mengabarkan bahwa aku baik-baik saja dan berharap suami dan anak-anak pun tidak kenapa-napa.
Saat kubaca berita terkini laman Facebook dari gawaiku, aku baru tahu bahwa hujan dan angin kencang yang baru terjadi telah menumbangkan pohon beringin kebanggaan kotaku yang terletak di alun-alun kota.

**end**


#KomunitasOneDayOnePost
#ODOP_6
#Day40

0 komentar:

Posting Komentar