Resensi Film Shaolin Soccer

Judul asli : Siu Lam juk kau
Sutradara : Stephen Chow
Penulis : Stephen Chow, Tsang Kan-cheung
Genre : Sport, Comedy, Action
Tanggal Rilis : 12 Juli 2001
Durasi : 112 menit
Negara : Hong Kong, Cina
Bahasa : Kanton, Mandarin
Produksi : Star Overseas, Universe Entertainment
Film Shaolin Soccer merupakan salah satu film bertema sepakbola yang disutradarai dan diperankan oleh Stephen Chow. Film ini mengundang gelak tawa karena menggambarkan permainan sepakbola yang tak harus mengikuti aturan sebagaimana mestinya. Permainan semakin terasa unik manakala dibumbui dengan gerakan-gerakan khas perguruan kungfu Shaolin.
Berawal dari Fung (Ng Man Tat) merupakan mantan pemain bola yang cukup berjaya di eranya. Sebagai bukti kejayaannya, dirinya mendapat julukan sang "Kaki Emas", namun nasib yang bertolak belakang dirasakan pada hari tuanya. Fung tua menghabiskan hari tuanya sebagai "jongos" setelah kakinya patah akibat insiden gagalnya mencetak gol dalam adu pinalti yang mengakibatkan dirinya diamuk massa.
Usut punya usut, insiden tersebut merupakan bagian rekayasa dari Hung (Patrick Tse) yang tidak senang dengan kepopuleran Fung Muda.
Di sisi lain ada seorang pemuda shaolin bernama Sing (Stephen Chow) memiliki impiannya sendiri. Impian tersebut adalah dia ingin membuat sebuah perguruan kungfu sendiri. Dimana perguruan kungfu tersebut akan mengajari semua orang untuk menggunakan ilmu kungfu demi kepentingan yang lebih baik.
Fung tertarik dengan kungfu Sing, kemudian mengajaknya membentuk tim sepak bola. Fung meminta Sing untuk mengumpulkan kakak-kakak seperguruannya di Shaolin, tapi saat mereka berhasil dikumpulkan, ternyata masalah baru muncul. Mereka telah lama kehilangan ilmu kungfunya dan juga tidak bisa bermain sepakbola. Fung dan Sing kemudian saling bekerja sama untuk bisa mengembalikan mereka seperti dulu lagi. Yaitu seorang ahli kungfu sekaligus ahli bermain sepakbola.
Tim sepak bola besutan Fung dan Sing yang diberi julukan Kungfu Soccer ini kemudian ikut kompetisi. Sepak bola kemudian tak hanya mengangkat gengsi, namun juga derajat hidup mereka. Walau perjuangan untuk itu tidak mudah, karena anak buah Hung yang menjadi lawan di sesi final melakukan perbuatan licik. Mereka nyaris babak belur dan kalah total, tapi di ujung pertandingan tiba-tiba muncul Mui, gadis pembuat bakpao. Dia menjadi penyelamat bagi tim Kungfu Soccer dengan bertugas sebagai penjaga gawang.
**end**
#KomunitasOneDayOnePost
#ODOP_6
#Day47

0 komentar:

Posting Komentar