Suka Sayur atau Buah?


Oleh: Yuliani

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sayur dan buah merupakan bahan makanan yang penting bagi tubuh. Tapi sayangnya untuk anak-anak zaman sekarang, jarang sekali ditemukan anak-anak yang menggemari sayur. Mereka lebih menyukai makanan siap saji yang dari pada makanan yang bernutrisi itu. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus cerdik menyikapi fenomena ini.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak-anak menyukai sayuran dan buah-buahan.

1. Berikan fasilitas
Sebagai orang tua, kita jangan hanya omong doang. Mengatakan bahwa sayuran dan buah-buahan adalah bahan makanan yang penting bagi kesehatan, sementara di rumah kita jarang menyajikannya untuk anak-anak.
Sediakan lima bahan makanan penting bagi kesehatan, termasuk sayuran dan buah di tempat yang sering dilihat anak. Kulkas dan meja makan misalnya. Juga sebagai bekal makanan anak ke sekolah.

2. Berikan contoh
Patut kita ingat bahwa anak-anak adalah peniru yang ulung. Mereka bisa belajar dengan memperhatikan kejadian yang terjadi di sekitar mereka. Jadi kalau kita mau anak-anak menyukai sayuran dan buah-buahan, maka kita harus memberikan contoh dan membiasakan mereka mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi itu.

3. Berikan penguatan
Anak-anak yang susah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan  pelan-pelan bisa diubah dengan penguatan. Caranya bisa dengan sering mengingatkan tentang pentingnya makanan sehat dalam berbagai keadaan. Misalnya saat kita mendapatkan bonus, jangan belikan anak-anak mainan atau makanan cepat saji, tapi belikan buah-buahan. Dan jangan lupa sampaikan bahwa buah-buahan gizinya sangat baik untuk kesehatan.

4. Mengolah sayuran dan buah-buahan bersama anak
Kenalkan manfaat sayuran dan buah yang sedang kita olah bersama anak. Mungkin dapur akan lebih berantakan, tapi cara ini bisa menciptakan suasana positif dengan anak. Selain bisa mempererat ikatan batin, anak-anak juga lebih terdorong untuk mengonsumsi makanan hasil olahannya sendiri.

Jadi kuncinya beri tahu anak, fasilitasi, beri contoh, kuatkan dan terus bangun suasana positif agak anak-anak gemar mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

#TantanganODOP7-LombaBlog
#KomunitasOneDayOnePost
#ODOP_6
#Day56
#cappanahmerah
#generasimakansayurdanbuah


0 komentar:

Posting Komentar