Tergoda Jus Kiamboy


Oleh: Jullie Yuli


Baru pernah dengar dan minum jus kiamboy ya pas acara Jumpa Penulis2 di Tangerang Selatan. Pas jam istirahat dan cuaca lagi panas jadi maunya tuh minum yang seger-seger, dan tercetuslah ide minum es jus. Di stand makanan dan minuman, si abang penjual nawarin minum sample jus kiamboy. Nah penasaran tuh, kiamboy apaan sih? Buahnya seperti apa? Kok begitu tercecap lidah rasanya ada manis, asam, asinnya gitu. Seger-seger gimana gitu.
Dan karena sample jus yang dikasih cuma sedikit, jadilah saya membeli satu botol.

Berawal dari rasa penasaran, akhirnya googlingnya saya cari tahu apa itu kiamboy. Kabarnya kiamboy ini semacam manisan yang berasal dari buah plum yang dikeringkan.

Di pasaran kita mengenal tiga jenis rasa untuk manisan kiamboy ini yaitu:
1. Kiamboy berwarna putih, rasanya manis, sedikit asam dan tidak terlalu asin.
2. Kiamboy yang merah rasa sedikit lebih asin dan asam.
Bagi pecinta rasa asin dan asam pasti suka.. Rasanya segeeeeerrrr.
3. Kiamboy yang berwarna abu abu kehitaman.
Mirip buah plum yang dikeringkan dan tanpa biji dan rasanya manis.
Walaupun telah dibuat manisan ternyata kandungan vitamin C dari buah ini tetap masih ada sehingga bagi sebagian orang sering mengkonsumsi manisan ini untuk menyembuhkan panas dalam dan sariawan.

Bagi yang kurang menyukai memakan kiamboy ini secara langsung dapat juga dijadikan jus dengan sedikit menambahkan pemanis tambahan, bisa sirup, gula pasir, ataupun madu.

Untuk rasa tidak perlu diragukan lagi, manis asam asin dan segar sehingga dapat membuat mata yang sedang mengantuk menjadi melek kembali.


Dan ternyata nih, Mak. Buah plum sebagai bahan dasar pembuatan manisan kiamboy memiliki manfaat yang baik buat kesehatan, di antaranya;
1) Buah plum memiliki kandungan kalsium dan beberapa vitamin tinggi. Sedangkan untuk plum yang sudah diolah dan dikeringkan menjadi makanan lain seperti manisan kiamboy, memiliki kandungan mineral tinggi yang membuat tulang-tulang lebih kuat.

2) Pencegahan Osteoporosis yang merupakan salah satu jenis penyakit tulang yang hanya dapat dicegah dengan banyak minum susu. Tetapi, rutim mengkonsumsi buah plum baik dalam bentuk segar ataupun olahan juga bisa membantu pertumbuhan tulang kuat.

3) Plum dapat mengatasi sembelit. Rutin mengkonsumsi segarnya buah plum sekitar 10 buah per hari, niscaya saluran pencernaan kita sehat.

4) Buah plum juga mengandung vitamin C dosis tinggi sehingga bagus untuk kesehatan mulut dan gusi, kita jadi terhindar dari sakit sariawan dan gangguan penyakit mulut lainnya.

Dengan banyaknya manfaat dari buah plum baik itu dalam keadaan segar atau setelah diolah,  sangat dianjurkan untuk kita sekeluarga mengkonsumsinya, bisa untuk pencegahan/pengobatan penyakit atau hanya sebagai pencuci mulut atau cemilan keluarga.

Tapi sampai sejauh ini saya baru merasakan jus kiamboy yang asli segernya.

#KomunitasOneDayOnePost
#ODOP_6
#Day32

0 komentar:

Posting Komentar